Minggu, 07 Oktober 2012

Media Virtual GUI Sebagai Interaksi User Dengan Komputer


Interaksi user dengan komputer merupakan bahasa dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer, yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka (interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Graphical User Interface atau yang dikenal GUI dalam dunia komputer. Pada komputer terdapat GUI atau antarmuka pengguna secara grafis. Istilah ini bukan hal yang lumrah pada saat awal kemunculan komputer. Namun setelah komputer generasi keempat mulai diciptakan, munculnya televisi berwarna (yang mendorong pada penciptaan layar monitor berwarna) serta evolusi pada perangkat penampil gambar (graphic adapter atau graphic card atau video card) membuat komputer mulai mendapatkan suatu sistem baru.

Pengertian GUI
Secara sederhana GUI merupakan media virtual yang bersifat memberikan perintah tertentu, yang diberikan manusia kepada komputer tanpa mengetik perintah tersebut  telebih dahulu, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak perlu lagi mengetik perintah pada komputer dengan menggunakan shell atau teks. 

Interface Win 7
Dengan media virtual GUI perintah dapat dikonversi dengan bentuk gambar ikon yang tersedia pada layar komputer, yang dapat diklik untuk menjalankan fungsinya. Sebagai contoh anda tidak perlu menuliskan perintah berupa teks untuk exit dari aplikasi mengetik (microsoft word) pada  komputer,  sekarang dengan hanya menggunakan akses cepat keyboard atau klik ikon silang berwarna merah yang  yang terdapat pada kanan pojok atas secara otomatis anda sudah bisa keluar aplikasi. Atau ketika  anda ingin menuju suatu tempat, misalnya folder, direktori, file atau aplikasi dengan cepat, singkat dan tepat yan biasa dikenl dengan windows explorer dengan satu klik gambar ikon berbentuk folder pada taskbar maka anda telah sampai pada akhir yang anda tuju. Atau anda pasti familiar dengan tombol di pojok kiri bawah, yakni tombol bertuliskan Start atau logo windows itu. Segala sesuatu yang anda lihat di Komputer anda saat ini adalah GUI.

Sejarah singkat mengenai GUI
Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah -perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hali ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Karena, harus tahu terlebih dahulu program apa yang dapat digunakan untuk menjalankan alikasi tersebut. Dan jika user tidak mengetahui program apa yang harus digunakan, maka terjadi kesalahpahaman antara user dengan sistem. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.

Akhirnya lahirlah yang disebut dengan GUI atau Graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingkan tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.

Dengan demikian media virtual GUI telah menjadi bentuk sistem interaksi pembantu dalam menyampaikan perintah yang diberikan user terhadap komputer. Lalu sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada berupa gambar atau ikon sebagai penerjemah interaksi user dengan komputer.

0 komentar:

Posting Komentar